Contoh Teks Eksplanasi

Cabai Rawit Merah Banyak yang Membusuk

Kenaikan harga secara umum dapat diartikan sebagai inflasi. Inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara berkelanjutan. Inflasi termasuk indikator untuk melihat tingkat perubahan dari proses kenaikan harga.

Dalam waktu dekat ini inflasi terjadi pada cabai rawit merah. Pada cabai rawit merah terjadi penurunan produksi karena pengaruh hujan yang membuat cabai menjadi busuk. Tidak hanya busuk, bahkan hingga gagal panen. Hal ini juga disebutkan oleh Menteri Perdagangan, menurut keterangan beliau, hanya cabai rawit merah yang mengalami kenaikan harga. Sedangkan pada cabai rawit merah kriting dan cabai rawit merah hijau mengalami surplus yang besar.


Tidak hanya curah hujan yang mempengaruhi inflasi pada cabai rawit merah. Inflasi ini juga disebabkan oleh faktor dari pendistribusian yang lambat karena melewati medan yang busuk. Seperti misalnya jalur transportasi darat dari produsen cabai hingga ke kota-kota besar atau pasar, dengan jalanan yang juga rusak belum diperbaiki.

Inflasi ini membawa banyak kerugian. Kerugian dari pihak pembeli yang tidak puas dengan kualitas cabai, juga tidak sesuai dengan harganya. Akibat dari inflasi ini juga dirasakan oeh pedagang, pedagang rugi karena gagal panen, jumlah cabai tidak cukup untuk disuplai ke luar kota. 

Comments

Popular Posts